Menambahkan Timestamp Server pada Adobe Acrobat Reader

Tulisan ini merupakan tulisan ketiga dari rangkaian tulisan yang sudah saya tulis sebelumnya. Jadi kalau tulisan pertama saya membahas soal bagaimana melakukan instalasi Signserver (baca DI SINI), tulisan kedua saya membahas bagaimana menambahkan worker (TimeStampSigner) untuk melakukan penandatanganan waktu (Timestamp) pada Signserver (baca DI SINI), maka sekarang saya akan coba membahas bagaimana mengintegrasikan worker tersebut dengan aplikasi di luar Signserver, dalam hal ini adalah Adobe Acrobat Reader.

Skenario yang akan saya lakukan kali ini adalah menambahkan URL dari Signserver (TimeStampSigner) yang usdah saya buat sebelumnya agar bisa melakukan penandatanganan waktu ketika sebuah dokumen di Adobe Acrobat Reader ditandatangani secara digital.

Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah tahapannya:

  1. Buka sebuah dokumen pdf dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader. Karena saya menggunakan Macbook, pilih Acrobat Reader → Preferences. Untuk yang menggunakan OS lain, silakan menyesuaikan (cari preferences):

    Pilih preferences
  2. Jika sudah, pilih Categories → Signatures → Document Timestamping → More

    Document Timestamping
  3. Pada bagian Server Settings (Time Stamp Servers) tambahkan server baru yang akan kalian gunakan sebagai server penandatanganan waktu (Dalam hal ini saya memasukkan URL Signserver yang saya buat di tulisan kedua saya). Masukkan nama server-nya dan server URL-nya dan tekan OK.

    URL Timestamp Server
  4. Usai berhasil memasukkan timestamp URL, jangan lupa untuk menjadikan URL tersebut sebagai default timestamp server yang akan kalian gunakan untuk melakukan penandatanganan. Caranya adalah dengan menekan tombol Set Default.
    Set default

    sudah default
  5. Sekarang waktunya pengujian. Saya tidak akan memberikan tahapan bagaimana cara mengimpor sertifikat elektronik dan melakukan penandatanganan secara digital di Adobe Acrobat Reader karena saya sudah menulisnya DI SINI. Jadi saya akan langsung loncat ke tahap pemberian tanda tangan digital.
    Setelah melakukan penandatanganan secara digital, silakan klik tanda tangan tersebut, maka Signature Validation Status akan muncul. Setelah itu, pilih Signature properties

    Melakukan penandatanganan digital

    Pilih tanda tangan elektronik tersebut dan status akan muncul
  6. Selanjutnya adalah menekan tombol Signature Properties. Ketika menekan tombol tersebut, informasi akan muncul (silakan dibaca). Dalam informasi tersebut, kalian akan melihat tulisan “This signature includes an embeded timestamp….” dan “Signature was validated as of the secure (timestamp) time….”
    Untuk melihat apakah memang benar dokumen tersebut memiliki stempel waktu (sesuai dengan URL yang sudah dibuat sebelumnya), pilih Advanced Properties.

    pilih advanced properties
  7.  Di sini kalian akan melihat nama dari timestamp server kalian muncul. Untuk lebih detilnya silakan pilih Show Certificate untuk memastikan kalau memang benar sertifikat yang digunakan untuk melakukan penandatanganan waktu sama dengan sertifikat yang ada pada worker TimeStampSigner di Signserver.
    Sudah muncul keterangan TSA server yang digunakan. Untuk lebih memastikannya, pilih Show Certificate

    Detail sertifikat yang digunakan oleh Timestamp server

Itu tadi sedikit cara bagaimana menambahkan timestamp server pada Adobe Acrobat Reader. Bila kalian belum memiliki timestamp server tapi ingin memberikan penanda waktu saat melakukan tanda tangan digital di Adobe Acrobat Reader, kalian bisa menggunakan beberapa timestamp server gratis yang ada DI SINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *