Cara Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di PDF Menggunakan LibreOffice Draw

LibreOffice Draw – Di era digital seperti sekarang ini, security atau keamanan bukan lagi merupakan pilihan opsional, melainkan pilihan wajib. Kalian harus memastikan kalau data kalian aman dari pemalsuan. Sebagai contoh, misalkan kalian hendak membuat banyak dokumen (contoh PDF) dan kalian ingin agar dokumen tersebut tetap sama ketika dikirimkan, maka perlu ada sedikit pengamanan ekstra yang dipasang.

Salah satu pengamanan untuk memastikan dokumen itu tetap otentik ketika dikirim dan sampai kepada si penerima adalah dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Dengan penggunaan tanda tangan elektronik itu, kalian meletakkan identitas kalian di atas dokumen tersebut, yang apabila coba diubah isi dokumennya, maka tanda tangan kalian akan hilang dan dokumen tersebut menjadi tidak otentik lagi.

Untuk bisa membubuhkan tanda tangan elektronik di atas sebuah dokumen (PDF), sang aktor atau pemberi tanda tangan haruslah menggunakan aplikasi yang compatible, entah itu aplikasi buatan sendiri atau aplikasi yang sudah ada dan beredar bebas. Selain itu, terlebih dahulu sang aktor harus memiliki sertifikat elektronik yang nantinya akan digunakan untuk menempelkan tanda tangan elektronik di atas dokumen.

Salah satu aplikasi untuk membubuhkan tanda tangan elektronik di atas dokumen yang umum dan gratis, serta mudah didapat adalah Adobe Acrobat. Saya sudah pernah memberikan tutorial penandatanganan dokumen secara elektronik menggunakan aplikasi Adobe Acrobat DI SINI.

Sayangnya, aplikasi Adobe Acrobat yang gratis dan mendukung untuk melakukan penandatangan secara elektronik itu hanya bekerja di atas sistem operasi Windows dan juga MacOS. Aplikasi tersebut tidak tersedia untuk sistem operasi Linux. Seandainya tersedia pun, itu adalah versi lama (9,5), bukan versi terbaru (11.0).

Lalu bagaimana bila para pengguna OS Linux ingin membubuhkan tanda tangan elektronik di atas sebuah dokumen? Apakah harus memasang sistem operasi Windows di Virtual Box lalu melakukan penandatanganan elektronik pada Adobe Acrobat yang terpasang di Windows tersebut? Kalau iya, tentunya repot sekali.

Untungnya hal itu tak perlu dilakukan oleh para pengguna OS Linux. Untuk membubuhkan tanda tangan elektronik di atas dokumen, kalian bisa menggunakan aplikasi Libreoffice Draw.

Begini caranya:

Alat dan Bahan

  • Koneksi internet
  • Dokumen PDF yang ingin ditandatangani
  • Sertifikat Elektronik
  • Kopi (biar nggak ngantuk)

Tahapan

  1. Untuk kalian yang belum mempunya aplikasi LibreOffice Draw di komputer kalian, silakan melakukan instalasi aplikasi tersebut terlebih dahulu. Untuk kesempatan kali ini, saya akan mendemonstrasikan cara melakukan instalasi LibreOffice Draw pada Sistem Operasi Kali Linux.
    Buka Terminal dan jalankan perintah berikut:

    sudo apt install libreoffice-draw

    Aplikasi LibreOffice Draw sudah terpasang
  2. Selanjutnya, ada 2 paket lain yang perlu diinstal, yaitu gnupg dan seahorse. Untuk memasangnya, ketikkan perintah berikut:
    sudo apt install gnupg2 seahorse

    Aplikasi LibreOffice Draw sudah terpasang dan seahorse & gnupg sudah terinstal
  3. Sebelum bisa membubuhkan tanda tangan elektronik, terlebih dahulu kalian harus mengimpor sertifikat elektronik ke dalam OS kalian. Cara yang saya lakukan adalah dengan mengimpornya melalui aplikasi Google Chrome. Pertama yang hars kalian lakukan adalah membuka aplikasi Google Chrome → Hamburger menu → settings → Manage Certificates.

    Tahapan pertama mengimpor sertifikat
  4.  Pada bagian Your Certificates, pilih import

    Import Certificates
  5.  Pilih sertifikat yang ingin kalian impor. Dalam hal ini, file sertifikat elektronik milik saya berekstensi .p12

    Pilih sertifikat yang akan diimpor
  6. Untuk mengimpor sertifikat ini, kalian akan diminta password yang kalian masukkan saat membuat sertifikat elektronik. Pastikan kalian memasukkannya dengan benar

    Masukkan password
  7. Bila memasukkan password dengan benar, maka sertifikat akan berhasil diimpor. Kalau sudah sampai tahap ini, silakan tutup browser kalian.

    Sertifikat milik saya berhasil diimpor
  8. LibreOffice Draw sudah terpasang, sertifikat elektronik sudah berhasil diimpor, tahap selanjutnya adalah melakukan penandatanganan. Sekarang, buka file PDF yang kalian ingin tandatangani dengan menggunakan aplikasi LibreOffice Draw → File → Digital Signatures → Digital Signatures

    Proses penandatanganan
  9.  Tab “Digital Signatures” akan muncul. Berikutnya, pilih sign document.

    sign document
  10. Daftar sertifikat yang terdaftar dalam sistem operasi kalian akan muncul. Pastikan kalian memilih dengan benar.
    Pilih sertifikat yang kalian impor tadi. Pastikan kalian memilih dengan benar

    Bila sertifikat yang diimpor tidak muncul, silakan mencoba mengimpornya di Firefox

  11. Kalau sudah tampil seperti ini, berarti tanda tangan elektronik sudah berhasil dibubuhkan. Tekan “close” untuk menutup tab tersebut. Selamat, kamu sudah berhasil 🙂

    Dokumen sudah ditandatangani secara elektronik

Pembuktian

Bila di Adobe Acrobat ada gambar atau tulisan yang mengisyaratkan kalau dokumen tersebut sudah ditandatangani secara elektronik, tidak dengan LibreOffice Draw. Pada aplikasi LibreOffice Draw, tidak ada tanda atau gambar yang terlihat oleh mata. Yang ada hanya notifikasi bahwa memang dokumen ini sudah ditandatangani secara elektronik, dan apabila notifikasi tersebut di-klik, barulah muncul berapa banyak aktor yang menandatanganinya.

Sebenarnya tanda tangan elektronik itu bukanlah terletak pada gambarnya, tapi memang pada informasinya. Jadi ada atau tidaknya gambar tanda tangan atau tulisan “signed by“, asalkan ada informasi yang menandakan kalau dokumen tersebut sudah ditandatangani secara elektronik, ya berarti dokumen tersebut sudah ditandatangani secara elektronik.

Dan untuk memeriksa apakah benar dokumen tersebut sudah ditandatangani secara elektronik, maka saya akan coba memeriksanya pada aplikasi Adobe Acrobat. Baik Adoba Acrobat atau LibreOffice Draw, keduanya menggunakan standar yang sama untuk pengimplementasian tanda tangan elektronik di atas dokumen. Jadi, seharusnya Adobe Acrobat pun bisa mendeteksi tanda tangan elektronik tersebut.

Hasil yang muncul saat saya membuka dokumen yang saya tandatangani pada LibreOffice Draw di aplikasi Adobe Acrobat:

Signature Panel muncul dan ada tulisan “signed and all signatures are valid”
saat signature panel di-klik, ada identitas diri saya sebagai si penandatangan
ini detil tanda tangannya

Dari gambar-gambar di atas, terbukti bahwa dokumen ini sudah ditandatangani secara elektronik 🙂

*****

Itu tadi sedikit info mengenai cara melakukan tanda tangan elektronik melalui aplikasi LibreOffice Draw. Semoga infonya membantu ya 🙂

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *