Cara Melihat Masa Aktif Sertifikat Elektronik

Sertifikat Elektronik merupakan suatu file elektronik (umumnya berekstensi .p12) yang berisi identitas dari pengguna yang diterbitkan sertifikatnya (mungkin bisa dibilang seperti KTP yang berbentuk elektronik). Dalam sebuah transaksi elektronik, salah satu fungsinya adalah untuk melakukan tanda tangan elektronik dan sertifikat elektronik ini dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE).

Pada kesempatan kali ini, saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan tanda tangan elektronik di atas sebuah dokumen elektronik dengan menggunakan sertifikat elektronik ini (karena saya sudah menjelaskannya DI SINI). Namun yang akan coba saya jelaskan adalah bagaimana cara untuk memeriksa masa berlaku dari suatu sertifikat elektronik.

Ya, sertifikat elektronik ini memiliki masa berlaku, tidak seperti KTP yang masa berlakunya seumur hidup. Masa berlakunya pun bervariasi, ada yang 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun, tergantung dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang menerbitkannya. Ketika masa berlaku suatu sertifikat sudah habis dan kalian tetap melakukan penandatanganan secara elektronik dengan sertifikat tersebut (dalam beberapa kasus mungkin terjadi), maka tanda tangan yang kalian lakukan bosa dikatakan tidak valid.

Lalu bagaimana cara memeriksa masa berlaku dari suatu sertifikat elektronik (file berekstensi .p12)? Mudah saja, yang perlu kalian lakukan adalah mengunduh KeyStore Explorer. Untuk mengunduhnya, silakan klik link INI. Software KeyStore Explorer ini tersedia untuk bermacam sistem operasi, jadi silakan unduh versi yang sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan pada laptop kalian.

Ketikkan keyword tersebut di browser
Silakan pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi anda

Jika sudah diunduh, silakan pasang aplikasi tersebut.

Cara Menggunakan

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba mendemonstrasikan dengan menggunakan MacOS. Bagi yang menggunakan sistem operasi yang berbeda, sialakn menyesuaikan, harusnya tidak jauh berbeda.

  1. Klik kanan pada file .p12 kalian dan pilih buka dengan KeyStore Explorer

    Buka dengan KeyStore Explorer
  2. Saat pertama kali dibuka, KeyStore Explorer akan meminta kalian untuk memasukkan passphrase yang akan digunakan untuk membuka file .p12 tersebut. Silakan masukkan passphrase yang sesuai.

    Masukkan Passphrase
  3. Jika kalian memasukkan passphrase dengan benar, kalian akan melihat sebuah entry name. Klik 2x pada entry name tersebut dan detilnya akan keluar.

    Silakan dipilih entry name-nya
  4. Pada bagian hierarki sertifikat, pilih bagian yang paling bawah (End Entity) untuk melihat detil dari sertifikat kalian. Setelah itu, lihat bagian valid from dan valid to. Itulah masa berlaku sertifikat tersebut

    Lihat 2 kotak merah:
    Kotak merah yang pertama merupakan profil kalian
    Kotak merah yang kedua adalah masa berlaku sertifikat kalian

Catatan: Jika status sertifikat kalian sudah di-rovoked oleh pihak Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, kalian abaikan saja masa berlaku sertifikat elektronik tersebut sebab secara otomatis sertifikat kalian sudah tidak bisa digunakan.

Cara Lain

Ada cara lain yang lebih mudah tidak? Tentu saja ada cara lain. Caranya adalah dengan memeriksa masa berlaku sertifikat elektronik kalian melalui sebuah dokumen elektronik yang sudah kalian tanda tangani.

Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka dokumen elektronik yang sudah kalian tanda tangani secara elektronik dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader (file yang dibuka adalah file pdf).
  2. Jika sudah klik kanan pada bagian tanda tangan elektroniknya dan pilih ‘Show Signature Properties’

    Sebuah dokumen yang sudah ditandatangani secara elektronik pasti memiliki signature panel. Klik kanan pada tanda tangan elektroniknya dan pilih ‘show signature properties’
  3. Jika sudah, kalian bisa melihat sedikit validity summary. Pilih ‘Show Signer’s Certificate’

    Ada sedikit info mengenai siapa yang melakukan penandatanganan dan kapan ditandatangani
  4. Jangan lupa untuk memilih bagian terbawah dari hierarki yang ada karena itulah detil dari end entity. Lihat bagian valid from dan valid to, itulah masa berlaku dari sertifikat elektronik yang kalian miliki.

    Masa berlaku sebuah sertifikat

*****

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara mengetahui masa berlaku dari sebuah sertifikat elektronik. Semoga informasi di atas bisa berguna ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *