Cara Mengaktifkan HA Log pada Luna HSM Network 7.2.0

Umumnya setiap aplikasi yang berjalan di atas sebuah server selalu memiliki log. Log merupakan sebuah atau beberapa file yang secara otomatis dibuat dan dikelola oleh aplikasi. File tersebut umumnya berisi daftar aktivitas yang terjadi pada aplikasi tersebut. Seperti halnya aplikasi lainnya, ketika Luna HSM Network 7.2.0 diaktifkan fitur HA (High Availability)-nya, ia pun menyalakan fitur log tersebut yang bernama HA Log. Namun sayangnya fitur HA Log tersebut belum berjalan sempurna. Ada beberapa konfigurasi lagi yang harus dikerjakan guna membuatnya berjalan dengan baik.

Secara default sudah menyala, hanya saja belum ditentukan pathnya

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan HA Log pada Luna HSM Network 7.2.0. (Sebelumnya kalian bisa membaca cara mengaktifkan HA pada Luna HSM Network 7.2.0 DI SINI):

  1. Melalui lunacm, jalankan perintah hagroup listgroups untuk melihat detil pengaturan HA yang dibuat. Bila baru pertama kali diaktifkan, biasanya: ha logging disabled, maximum auto recovery retry 0, dan ha auto recovery disabled

    konfigurasi awal
  2. Masih di lunacm. Untuk mengaktifkan maximum auto recovery retry dan sekaligus juga had auto recovery, jalankan perintah berikut:
    hagroup retry -c -1
    Mengaktifkan auto recovery

    -1 digunakan untuk mengubah percobaan untuk auto recovery menjadi infinite alias tak terbatas. Jadi sistem akan terus mengulang sampai recovery-nya berjalan dengan normal.

  3. Tahap berikutnya adalah menentukan lokasi dimana file HA Log akan ditempatkan. Kalau saya biasanya meletakkannya di dalam sebuah folder halog yang berada di dalam direktori lunaclient. Untuk menentukan foldernya, jalankan perintah:
    hagroup halog -path <lokasi_ingin_ditempatkan>

    Dan ketika lokasinya sudah ditetapkan, untuk memeriksa apakah lokasi tersebut tercatat dengan baik, jalankan perintah:

    hagroup halog -show

    Pengaturan lokasi
  4. Pada tahapan nomor 3, dapat terlihat kalau lokasi log sudah ditentukan. Namun masalahnya adalah ukuran file-nya masih terlalu kecil. Untuk mengubah ukuran file log tersebut, jalankan perintah:
    hagroup halog -maxlength 500000
    Mengubah ukuran file log

    Satuan ukuran log file yang digunakan adalah bytes

  5. Setelah melakukan semua perubahan itu, kembali jalankan perintah hagroup listgroups untuk melihat perubahannya:
    hagroup listgroups
    Perubahan detil pada konfigurasi HA

    Dapat terlihat jelas perubahan konfigurasi pada HA di Luna HSM ini. ha auto recovery sudah enabled, maximum auto recovery retry sudah infinite, lokasi HA Log file sudah terdefinisikan, dan besaran ukuran file log tersebut juga sudah jelas.

  6. Bila suatu saat terjadi error pada HA, kalian dapat melihatnya pada file haErrorLog.txt yang tersimpan di direktori /usr/safenet/lunaclient/halog
    tail -100f /usr/safenet/lunaclient/halog/haErrorLog.txt

    Contoh isi log pada file haErrorLog.txt

Ya, itu tadi sedikit cara untuk mengaktifkan HA Log di Luna HSM Network. Semoga informasi ini dapat berguna dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *