Begini Cara Ekspor Chat dari WhatsApp ke Aplikasi Telegram di Android

Apakah kamu sudah mulai merasa insecure dengan aplikasi WhatsApp? Sudah merasa privasi kamu terganggu dan ingin bermigrasi ke aplikasi Telegram, padahal kamu belum membaca sama sekali perubahan policy apa saja yang dilakukan WhatsApp dan hanya ikut-ikutan teman?

Nggak apa-apa. Ikut-ikutan (tanpa tahu alasannya kenapa) dan takut ketinggalan pergaulan adalah budaya yang Indonesia banget. Manusiawi sekali.

Seperti layaknya pindah kontrakan, tentunya ada barang-barang di kontrakan sebelumnya yang ingin kalian bawa ke kontrakan baru dong. Begitu pula ketika bermigrasi dari WhatsApp ke Telegram. Pastinya ada beberapa dari kamu yang ingin memindahkan beberapa history chat yang pernah kamu lakukan di aplikasi WhatsApp ke aplikasi Telegram agar kenangan-kenangan yang sudah ada tidak hilang, kan?

Aplikasi Telegram mengumumkan kalau di versi aplikasi terbarunya, mereka sudah mendukung proses ekspor chat dari berbagai aplikasi, termasuk dari aplikasi WhatsApp

Melihat peluang migrasi besar-besaran yang mungkin dilakukan pengguna WhatsApp ke Telegram, Telegram versi terbaru (v7.4.1) melalui halaman resminya mengumumkan kalau mereka mengeluarkan fitur terbaru agar proses ekspor chat dari WhatsApp ke Telegram bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti apa cara ekspor chat dari WhatsApp ke Telegram di Android dan seberapa cepat prosesnya? Berikut ini prosesnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih chat dengan siapa yang ingin kamu ekspor ke Telegram. Berikutnya tekan hamburger menu (tombol dengan 3 titik) di pojok kanan atas agar opsi More bisa kamu lihat dan pilih.

    Setelah memilih chat dengan siapa yang ingin kamu ekspor:
    1. Pilih hamburger menu
    2. Pilih more
  2. Tahap selanjutnya, kamu hanya perlu memilih Export Chat. Kemudian tentukan, apakah kamu ingin mengimpor chat-nya dengan media atau atau tanpa media. Media yang dimaksud di sini adalah gambar, video, voice, atau file. Dalam contoh kali ini, saya akan mencoba mengimpor dengan media. Untuk itu saya memilih Include Media.
    Konsekuensi memilih Include Media adalah ukuran file yang akan diekspor menjadi lebih besar.

    3. Pilih Export Chat
    4. Pilih Include Media
  3. Pastikan kontak yang chat-nya ingin kamu ekspor sudah memiliki akun juga di Telegram, karena kalau tidak, maka proses ekspor “tidak bisa dilakukan”. Jika sudah, pastikan kamu memilih akun yang benar di Telegram. Jangan sampai kamu mengekspor chat mantan ke akun Telegram pacarmu yang sekarang.

    5. Pilih kontak di aplikasi Telegram yang orangnya sama dengan di aplikasi WhatsApp.
    6. Kamu akan dibawa ke daftar kontak di aplikasi Telegram. Sekali lagi, pastikan kamu memilih kontak yang benar untuk diekspor chatnya
  4. Telegram kembali akan mengonfirmasi apakah sudah benar kontak yang kamu pilih. Jika benar, tekan Import. Tunggu dan biarkan prosesnya selesai.

    8. Telegram akan mengonfirmasi kembali
    9. Tunggu danbiarkan prosesnya selesai
  5. Setelah prosesnya selesai, kamu bisa melihat semua chat kamu di  WhatsApp telah berpindah dengan rapi ke aplikasi Telegram, termasuk dengan semua medianya.

    10. Tekan Done saat prosesnya sudah selesai
    11. Chat dari aplikasi WhatsApp sudah masuk ke dalam aplikasi Telegram

Itu tadi cara mengekspor chat dari aplikasi WhatsApp ke aplikasi Telegram. Mudah, kan? Dalam kasus saya, proses ekspornya berlangsung kurang dari 2 menit. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *