Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Smartphone Samsung

Bagi kalian para pengguna smartphone Samsung, kalian pasti sudah tahu kalau tetangga Samsung alias iPhone memiliki sebuah fitur untuk mengetahui kesehatan baterai device-nya. Melalui fitur tersebut, para pengguna iPhone bisa melihat apakah kesehatan baterainya masih bagus atau tidak. Bila terjadi penurunan kualitas kesehatan pada baterainya, pengguna iPhone pun bisa tahu sudah berapa jauh penurunannya dan bisa mengambil tindakan (biasanya mengganti baterai) apabila penurunannya sudah sangat parah.

Sebagai pengguna smartphone Samsung garis keras, saya sempat iri akan fitur tersebut. Saya menyangka kalau Samsung tidak memiliki fitur tersebut. “Masa sih smartphone sekelas Samsung tidak memiliki fitur simple tapi penting seperti ini?” Gumam saya.

Setelah mengubek-ngubek smartphone Samsung yang saya miliki (saya menggunakan Samsung S10+), rupanya ada lho fitur untuk memeriksa kesehatan baterai itu. Saya pun tidak perlu lagi menduga-duga apakah kualitas baterai Samsung saya masih bagus atau tidak. Cukup melihat lewat aplikasi tersebut, saya sudah tahu bagaimana status terkini dari baterai smartphone Samsung saya.

Buat kalian, para pengguna smartphone Samsung, yang belum mengetahui kalau ternyata Samsung juga memiliki fitur pemeriksaan kualitas baterai layaknya iPhone dan penasaran ingin melihat status baterai device kalian, Berikut ini adalah tutorial singkatnya:

  1. Cari aplikasi bernama Samsung Members dan buka. Jika belum ada, unduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau Galaxy Store.

    Kiri: Silakan unduh di Play Store kalau memang. aplikasinya belum ada
    Kanan: Silakan buka aplikasi Samsung Members apabila sudah tersedia
  2. Bagitu kalian masuk ke halaman utama aplikasi Samsung Members, Pilih menu Get Help di area bawah

    Kiri: Tampilan pembukaan aplikasi Samsung Members
    Kanan: Pilih menu get help di halaman awal
  3. Pilih: Go to Phone Care → Interactive Checks → Battery

    Kiri: Go to Phone Care
    Kanan: Interactive Checks
  4. Di halaman ini, melalui indikator Life, kalian bisa melihat apakah status baterai kalian masih bagus atau tidak. Jika tampilan pada bagian Life adalah good (seperti pada gambar), maka kualitas baterai kalian masih bagus. Namun bila yang muncul adalah weakitu tandanya baterai kalian sudah perlu diganti.

    Kiri: Pilih battery
    Kanan: Lihat bagian Life

Itu tadi sedikit cara mengetahui kualitas baterai di smartphone Samsung kalian. Namun menurut saya masih ada sedikit kekurangan dari tampilan kualitas baterai di Samsung ini. Saya rasa perlu juga untuk ditampilkan persentase kualitas baterainya seperti layaknya pada smartphone iPhone, sehingga kita bisa mengetahui jumlah penurunannya dalam persen.

Dan sebagai penutup saya ingin bilang: Penurunan kualitas baterai itu pasti terjadi. Semakin sering kamu menggunakan smartphone-mu, maka semakin cepat juga kesehatan baterainya tergerus. Salah satu cara simple untuk menjaga penurununan kualitas baterai agar tidak terlalu drastis tapi seringkali diabaikan adalah dengan tidak menggunakannya saat sedang diisi dayanya. Kalian sering lakukan itu? Jangan lakukan lagi ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *