Memeriksa Kecepatan Koneksi Internet di MacBook

Buat kalian yang pekerjaannya membutuhkan koneksi internet seperti blogger, youtuber, atau apapun itu, kecepatan koneksi internet pastilah menjadi salah satu kunci keberhasilan dari pekerjaan kalian. Jika kecepatan koneksi internet kalian lambat, maka dapat dipastikan kalian tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan kalian itu.

Sebagai contohnya adalah blogger. Jika koneksi internet lambat, maka gambar-gambar yang menunjang suatu postingan tidak akan bisa di-upload dan draft-pun tidak bisa di-publish. Begitu pun dengan youtuber. Jika koneksi internetnya lambat, maka video yang sudah di-edit dengan susah payah pun tidak bisa di-upload. Alhasil, adsense pun tidak bisa didapatkan.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan cara memeriksa kecepatan koneksi internet dari sebuah access point bagi kalian para pengguna macbook. Untuk yang menggunakan “jendela”, nanti dulu ya.

Jika kalian pengguna macbook dan sedang mampir ke suatu tempat untuk mengerjakan pekerjaan kalian, seperti mampir ke cafe, coworking space, atau mungkin hotel, dan membutuhkan koneksi internet, alangkah baiknya kalian memeriksa kecepatan koneksi internetnya terlebih dahulu sebelum memulai bekerja. Males banget kalau sudah duduk rapi dengan niat yang penuh untuk menyelesaikan pekerjaan tapi internetnya lambat, kan?

Bagaimana caranya?

  1. Tekan command + space dan ketikkan “terminal” untuk membuka window Terminal di macbook kalian.

    Membuka terminal
  2. Jika terminal sudah terbuka, kalian terlebih dahulu harus melakukan instalasi homebrew. Apa itu homebrew dan bagaimana cara melakukan instalasinya? Silakan kalian membacanya pada postingan saya sebelumnya DI SINI.
  3. Kalau homebrew sudah terpasang, yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah mengetikkan perintah
    brew install speedtest-cli
    brew install speedtest-cli

    Biarkan prosesnya berjalan hingga selesai. Jika kalian diminta password, masukkanlah password administrator dari laptop kalian.

  4. Tahap selanjutnya dan sekaligus tahapan yang terakhir adalah dengan mengetikkan perintah:
    speedtest-cli
    kecepatan koneksi internet sedang diperiksa

    Perintah tersebut akan secara otomatis memeriksa kecepatan koneksi internat dari sebuah access point, baik itu download maupun upload, dimana macbook kalian terhubung.
    Pada contoh di atas, terlihat kalau provider yang saya gunakan adalah FirstMedia dengan kecepatan download 19.07 Mb dan upload 1.81 Mb.

Itu tadi sedikit cara yang “berbeda” untuk memeriksa kecepatan koneksi internet di macbook. Sebenarnya untuk speedtest ini ada versi GUI-nya, yaitu dengan cara memasukkan URL speedtest(dot)net ke dalam browser, hanya saja saya menganggap cara ini lebih simple dan tampilannya lebih klasik.

Selamat mencoba 🙂

Please follow and like my page:
error0
fb-share-icon4673
Tweet 419
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *