Cara Mengunduh Video di Situs Youtube dengan Menggunakan Macbook

Jaman sekarang rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal situs yang bernama Youtube, sebuah situs yang digunakan untuk berbagi video. Dalam situs tersebut, siapapun bebas untuk mengunggah atau melihat konten video apapun (selama mengikuti aturan yang berlaku), baik melalui laptop, tablet atau smartphone.

Saya pun salah satu penikmat situs Youtube. Kerap kali saya mencari beberapa tutorial, melihat ringkasan pertandingan sepak bola, atau memutar video musik dari penyanyi yang saya suka di website tersebut.

Namun untuk mengakses Youtube diperlukan koneksi internet yang cukup cepat, agar proses pemutaran video di situs tersebut tidak tersendat. Sayangnya, hal tersebut tidak selalu saya dapatkan. Bila sedang bertugas ke pelosok Indonesia yang bahkan signal telepon saja susah, jangan harap saya mendengarkan musik dan melihat gerakan dari penyanyi yang saya sukai di situs tersebut, atau jangan berharap saya bisa membuka video tutorial yang ingin saya lihat.

Lalu bagaimana caranya untuk tetap bisa mengakses video Youtube tanpa menggunakan koneksi internet? Salah satunya adalah dengan mengunduh videonya terlebih dahulu.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan cara bagaimana mengunduh video Youtube di Macbook. Buat kalian para pengguna Macbook, solakan dicoba ya tutorial ini ūüôā

  1. Tekan¬†command + space¬†dan ketikkan ‚Äúterminal‚ÄĚ untuk membuka window¬†Terminal di macbook kalian.

    Membuka terminal
  2. Jika terminal sudah terbuka, kalian terlebih dahulu harus melakukan instalasi homebrew. Apa itu homebrew dan bagaimana cara melakukan instalasinya? Silakan kalian membacanya pada postingan saya sebelumnya DI SINI.
  3. Kalau homebrew sudah terpasang, yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah melakukan instalasi youtube-dl dan ffmpeg. Bagaimana caranya? ketikkan perintah berikut di terminal:
     brew install youtube-dl ffmpeg
    Instalasi youtube-dl dan ffmpeg di terminal

    Biarkan perintah tersebut bekerja dan tunggu hingga selesai

  4. Jika sudah, sekarang saatnya mengunduh video yang kalian inginkan. Buka browser,¬†akses situs Youtube dan pilih video yang ingin kalian unduh. Dalam hal ini saya mengakses video “NBA Top 10 Plays of the Night | March 10 2020″.

    video yang saya pilih
  5.  Berikutnya, copy URL dari video tersebut (command + c)

    Ini yang namanya URL. SIlakan di-copy
  6. Kembali ke terminal. Paste URL tersebut di dalam terminal setelah perintah berikut:
    youtube-dl -f bestvideo+bestaudio <URL>
    Proses mengunduh video

    Biarkan proses mengunduh video tersbebut berjalan dan sambil menunggunya, silakan kalian menyeruput kopi terlebih dahulu.

  7. Jika kalian lihat, ada perintah -f dengan opsi bestvideo+bestaudio pada perintah di atas. -f merupakan perintah untuk menentukan format, sedangkan bestvideo+bestaudio adalah pilihan untuk mengambil video dengan resolusi terbaik dan kualitas suara yang terbaik. Untuk melihat opsi apa saja yang bisa kalian gunakan pada perintah youtube-dl, silakan ketikkan perintah berikut di terminal:
    youtube-dl --help

    Beberapa opsi pada perintah youtube-dl
  8. Apabila proses mengunduh sudah selesai, buka finder dan arahkan pada direktori dimana kalian mengunduh video tersebut. Voilaaaa!!!! Video sudah berhasil diunduh dan kalian bisa menikmati video tersebut dalam keadaan offline

    Video berhasil diunduh. Lihat hasilnya di kiri bawah

    Detil dari video yang berhasil diunduh

Itu tadi sedikit tutorial bagaimana mengunduh video di youtube dengan menggunakan macbook agar kalian bisa menikmati video tersebut secara¬†offline.¬†Gunakan tutorial di atas dengan bijaksana ya ūüôā

Please follow and like my page:
error0
fb-share-icon4673
Tweet 419
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *