Cara Melakukan Instalasi Portainer di CentOS 7 Server

Ketika diminta untuk mengurus sebuah server dengan banyak aplikasi berbasis docker di dalamnya, saya sempat sedikit kesulitan. Hanya dengan menggunakan CLI dan mengatur banyak kontainer di dalamnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Saya bertanya pada diri saya sendiri, “Ada nggak sih GUI untuk mengurus semua docker container ini?” dan rupanya ada. Seorang teman yang saya curhati kala itu merekomendasikan sebuah aplikasi bernama Portainer.

Apa itu Portainer? Itu merupakan sebuah aplikasi berbasis open source untuk mengelola aplikasi berbasis kontainer di lingkungan Kubernetes, Docker, Docker Swarm, dan juga Azure ACI (jadi tidak hanya docker saja).

Kehadiran tampilan antarmuka Portainer yang intuitif ini sukses menghilangkan ‘kerumitan’ yang biasanya dikatikan dengan pengelolaan platform kontainer. Portainer memberikan penggunanya kesederhanaan yang dibutuhkan tanpa mengurangi fungsionalitasnya. Portainer sukses membuat saya (dan mungkin developer di belahan dunia lain) untuk menyederhanakan proses pekerjaan saya.

Bagaimana cara instalasinya di atas CentOS 7 Server. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Untuk yang belum melakukan instalasi docker, kalian bisa memulainya dengan memasang beberapa paket yang diperlukan terlebih dahulu. Perintahnya:
    yum -y install yum-utils device-mapper-persistent-data lvm2

    Instalasi beberapa paket
  2.  Berikutnya adalah instalasi docker. Karena begitu baiknya docker, kalian hanya perlu mengeksekusi script yang sudah mereka buat. Tidak perlu sulit-sulit lagi. Cara mengeksekusinya:
    curl -fsSL https://get.docker.com/ | sh

    Instalasi docker
  3. Jalankan docker, enable agar service-nya otomatis berjalan saat server di-restart, dan periksa statusnya dengan perintah:
    sudo systemctl start docker
    sudo systemctl enable docker
    sudo systemctl status docker

    Menjalankan service docker
  4. Tahapan selanjutnya adalah melakukan instalasi docker compose. Apa itu docker compose? Itu adalah sebuah alat untuk mendefinisikan dan menjalankan aplikasi yang terdiri dari banyak docker container. Kemudian, dengan 1 perintah, kalian dapat menjalankan semua docker container tersebut. Cara instalasinya:
    yum install -y docker-compose

    Instalasi docker-compose
  5. Berikutnya, kalian harus membuat sebuah user (non root) untuk menjalankan perintah docker. Tambahkan user tersebut ke dalam grup docker dengan perintah:
    sudo usermod -aG docker <nama_user>
  6. Berikutnya, kita akan membuat sertifikat agar Portainer dapat berjalan di atas protokol https. Caranya:
    su – <user>
    mkdir certs
    cd certs
    openssl genrsa -out portainer.key 2048
    
    openssl ecparam -genkey -name secp384r1 -out portainer.key
    
    openssl req -new -x509 -sha256 -key portainer.key -out portainer.crt -days 3650

    Tahapan membuat sertifikat
  7. Jika sudah, sekarang saatnya membuat volume untuk Portainer. Caranya:
    docker volume create portainer_data

    Membuat volume
  8. Selanjutnya adalah melakukan instalasi Portainer, dengan terlebih dahulu mengunduh image-nya dari dockerhub dan membuat service-nya berjalan di atas port 9000 dan juga menggunakan protokol https. Caranya:
    docker run -d -p 9000:9000 -p 8000:8000 --name portainer --restart always -v /var/run/docker.sock:/var/run/docker.sock -v ~/certs:/certs -v portainer_data:/data portainer/portainer --ssl --sslcert /certs/portainer.crt --sslkey /certs/portainer.key
    
    

    Mengunduh image portainer dan menjalankannya sebagai kontainer 
  9. Jangan lupa untuk membuka port 9000 di firewall apabila memang belum dibuka. Contoh cara membukanya:
    firewall-cmd --zone=public --add-port=9000/tcp --permanent
    firewall-cmd --reload

    membuka port 9000
  10. Jika sudah, akses melalui browser dengan mengetikkan:
    https://<ip atau domain>:9000
  11. Seharusnya sampai di sini, halaman portainer sudah muncul dan kalian akan diminta untuk membuat pengaturan user admin untuk masuk ke dalam dashboard portainer. Silakan masukkan username dan password sesuai yang kalian inginkan. Jangan lupa meng-unchecked pilihan “allow collection of anonymous statistic….”

    Membuat user admin untuk mengaksesnya
  12. Usai username dan password berhasil dibuat, sekarang adalah waktunya untuk menentukan environment yang akan dibuat. Karena tadi saya sudah melakukan instalasi docker dan akan membuat beberapa aplikasi berbasis docker, maka saya memilih docker. Kemudian tekan connect

    Memilih environment
  13. Portainer sudah berhasil dibuat dan inilah halaman home-nya

    Halaman home

Itu tadi sedikit info mengenai cara melakukan instalasi Portainer di CentOS 7 Server. Bagaimana cara me-manage docker container di dalamnya? Tunggu di postingan saya berikutnya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *